Jumat, 16 April 2010

Sang Penjaga Empat Mata Angin

Minna ~
Ohisashiburi desu ne ^^
Genki desu ka??
Hehe
Kali ini aku bakalan bahas tentang para Penjaga 4 Penjuru Mata Angin yang ada di mitologi Jepang. Lho? Kok tiba-tiba bahas ini? Hehe... Habis baca manga Detective Conan nih... Judul Chapternya (in English) "The Azure Dragon" , "Vermilion Bird", "White Tiger", dan "Black Tortoise". Jadi keinget sama mereka deh. Seiryuu, Suzaku, Byakko, dan Genbu.
Nah, aku jelasin satu-satu yaa...
1. Seiryuu - The Azure Dragon

Seiryuu adalah salah satu penjaga empat mata angin dan dipercaya menjaga Kyoto di Timur. Seiryuu berwujud Naga berwarna biru (The Azure Dragon). Di sebelah timur Kyoto ada kuil bernama Kuil Kiyomizu untuk mewakili Seiryuu. Di depan kuil itu, ada patung naga yang katanya akan bergerak dan minum di mata air di kompleks kuil pada tengah malam. Hee??

ps : Aku baca di Conan Chapter 714 ,warna Seiryuu 'biru' itu melambangkan gunung yang penuh dengan pepohonan, yang warna aslinya hijau. Jadi sebenernya warna Seiryuu itu hijau.
Seiryuu melambangkan musim semi.

2. Suzaku - The Vermilion Bird
Suzaku, sang penjaga Selatan. Dilambangkan dengan burung berwarna merah. Burung Suzaku itu burung yang mulia dalam segala hal. Kadang-kadang, sih, Suzaku dikaitkan dengan burung Phoenix karena mereka sama-sama berwarna merah dan identik dengan api. Hmm...
Suzaku melambangkan musim panas.












3. Byakko - The White Tiger
Dari arah Barat, Kyoto dijaga oleh Byakko. Dilambangkan dengan harimau berwarna putih.
Dulu, orang-orang Cina percaya kalo harimau itu raja dari segala binatang buas. Nah, kalo umur mereka udah lebih dari 500 tahun, ekor mereka akan berubah warna menjadi putih. Karena itu, harimau putih menjadi makhluk mitologis.

Byakko melambangkan musim gugur.











4. Genbu - The Black Tortoise
Nah, kalo di arah utara, Kyoto dijaga oleh Genbu. Genbu ini adalah Kura-Kura *atau penyu* berwarna Hitam. Elemennya air dan melambangkan musim dingin.















Timur, Selatan, Barat, Utara. Nah kalo di tengah? Penjaga bagian pusat atau tengah adalah Kirin. Kirin adalah roh berbentuk seperti rusa, punya ekor seperti sapi, kuku-kukunya seperti kuda, kepalanya mirip naga, dan ada sebuah tanduk di kepalanya. Sekujur tubuhnya dipenuhi sisik berwarna emas.


Empat (lima, plus Kirin) penjaga mata angin ini sering diadaptasi oleh manga-manga atau anime-anime. Contohnya, yang aku tau Fushigi Yuugi karya Watasee Yuu, atau Yume Yume * Yu Yu karya Pink Hanamori. Pernah baca? Lumayan menarik lho ^^

Oke, segitu dulu artikel kali ini... ^^
Jaa,, matta !!!



*dari berbagai sumber ^^

2 komentar:

Anonim mengatakan...

ada lagi, manga yang adaptasi para penjaga ini.
manga dr. rin, sama legend of basara.

Anonim mengatakan...

Samurai Deeper Kyo

Posting Komentar

komen...komen...komen...

Template by:

Free Blog Templates