Kamis, 26 Maret 2009

Bantuin ade bikin blog

Baru-baru ini gue lagi rajin-rajinnya ngedit tampilan di blog gue. Nambahin virtual pet, nambahin jam, de el el... Yah, pusing juga sih, cuz internet di rumah kadang-kadang lola alias loading lama. Tapi perjuangan nggak sia-sia. Tampilan blog gue jadi lebih menarik. Seenggaknya buat gue.

Kemaren malem waktu gue lagi bikin postingan lirik lagunya Konna ni Chikaku de ade gue yang beda setahun ma gue tiba-tiba bilang,"Mba, kayaknya asik bikin blog. Aku coba bikin,ya! Ajarin dong!"
Dalam hati gue, "Mati gue...". Ade gue itu orangnya gag sabaran en bawel banget. Kalo diajarin bawaannya ngeyel mulu. Apalagi kalo tau internetnya lemot kaya gini, dia pasti udah marah-marah. Yah, dengan berat hati gue mau ngajarin dia.

Pertama, kita bikin account google dulu, cuz dia belum punya email. Dia sempet emosi waktu milih username. "Mba, masak nggak bisa pake underscore ( _ ) seh??", "Mba, kok username nya udah kepake semua seh??" dan berbagai pertanyaan lainnya. Awalnya gue jawab dengan jawaban sebenernya. Kalo tau ya tak kasih tau, kalo engga ya engga. Tapi lama-kelamaan, gue mulai emosi juga. Akhirnya, waktu dia tanya, gue cuma jawab,"Tanya aja ama yang punya Gmail!"

Setelah si ade selese bikin akun googe, gue nyuruh dia masuk ke Blogger.com. Abiz itu, gue ajarin dia caranya bikin blog. Sembari nunggu loading yang lama, gue buka laptop gue yang lain, abiz itu buka blognya temen gue (jihan). Begitu blognya jihan selesai di load, ade gue langsung tereak-tereak. "Mba! Punya sapa tuh? Bagus amat..." Gue jawab singkat. "Jihan."

"Mba, 'judul blog' nya ini diisi apaan?" dia tanya.
Gue jawab sekenanya sambil ngedit tampilan blog D'Crozz, "Ya isiin apa judul blog kamu nanti. Misalnya punyaku, 'Hanny's Blog', punyanya D'crozz, 'd'cRozz sMagA AE', gitu..."
"Oh," kata dia terus ngetik judul blognya.

"Mba, alamat blog ini apa?"
"Alamat URL blog kamu."
"Oh..." Setelah itu semua berjalan lancar sampe dia selese bikin n nerbitin postingan pertama.

Setelah sukses nerbitin postingan pertama, dia mulai tanya-tanya lagi. Carnya nambahinjam, lah... Gambar, lah... Kali ini gue uda bener-bener gag tahan ngantuk, jadi gue sodorin buku cara-cara ngeblog ke dia. Abiz itu, dia terus berkutat ama blognya sambil nambahin gadget-gadget lain. Kadang-kadang ngomel-ngomel juga sih pas tiba-tiba connection-nya timed out. Tapi gue diemin aja. Males.

Akhirnya dia bisa nambahin gadged n widget baru di blognya, tanpa bantuan gue. Diem-diem bangga juga lo.... Hehe... Pengen tau hasilnya? Kunjungi aja, di sini.

pish, luph, sleepholic...

0 komentar:

Posting Komentar

komen...komen...komen...

Template by:

Free Blog Templates